Blue Fire Pointer
Welcome To my Blog ... AnaTaspiana. Mari berbagi informasi

Aku pengen share sesuatu ama kalian.

Rabu, 07 Oktober 2015

tips buat kamu para pemula agar mudah berbahasa inggris

 


7 Tips dan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

7 Tips dan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula – Tahun 2015 dicanangkan oleh pemerintah sebagai tahun resmi Indonesia memasuki era perdagangan bebas, di mana setiap warga dunia dari negara manapun akan semakin bebas memasuki wilayah Indonesia untuk melakukan kerjasama di berbagai bidang terutama perdagangan. Orang Indonesia pun bebas untuk mengunjungi bahkan tinggal di negara lain di seluruh dunia. Oleh karena itu, kebutuhan akan penguasaan bahasa Inggris tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Harus diakui kalau bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang paling banyak digunakan oleh negara di dunia, terutama negara di benua Amerika dan Eropa. Selain itu menguasai satu bahasa asing di luar bahasa nasional juga merupakan suatu tantangan tersendiri yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan di masa mendatang. Apabila anda berniat untuk belajar bahasa Inggris, maka berikut 7 cara mudah belajar bahasa Inggris yang bisa anda lakukan setiap saat.
Cara mudah belajar bahasa Inggris
Sumber: campustalkblog.com
1. Menonton film berbahasa Inggris
Hampir setiap hari TV menayangkan film berbahasa Inggris. Anda bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Selain mendapatkan hiburan, dengan menonton film Anda akan dapat belajar kata-kata yang diucapkan dengan arti yang tertera pada teksnya. Sedikit demi sedikit Anda akan mendapat banyak kosakata, mengetahui pengucapan, dan arti dari kata-katanya.
2. Mendengarkan rekaman berbahasa Inggris
Salah satu cara ntuk mengetahui sampai sejauh mana penguasaan pelafalan bahasa inggris kita adalah dengan merekam pronunciation bahasa Inggris kita. Ucapkanlah beberapa kalimat dalam bahasa Inggris kemudian Anda rekam. Kemudian dengarkan dengan seksama pengucapannya dan cocokkan apakah pengucapan kita sesuai dengan kaidah pronunciation bahasa Inggris.
3. Membaca dan menulis kata atau kalimat dalam bahasa Inggris
Tips dan cara mudah belajar bahasa Inggris berikutnya yaitu membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Biasakanlah untuk membaca dan menulis tulisan berbahasa Inggris bukan hanya buku, koran atau artikel. Setiap produk yang menggunakan bahasa Inggris dapat dimanfaatkan untuk melatih memahami penulisan dan pengucapan dalam bahasa Inggris.
4. Cari banyak kosakata (vocabulary)
Usahakanlah setiap kali melihat atau mendengar sebuah kata atau kalimat yang Anda tidak pahami artinya, untuk segera ditulis dan kemudian mencari tahu arti dari kata-kata tersebut. Semakin banyak kosakata yang Anda ketahui maka semakin banyak referensi kata yang bisa Anda pelajari dan ketahui.
5. Carilah teman untuk bersama-sama berlatih percakapan bahasa Inggris
Cara mudah belajar bahasa Inggris lainnya yaitu mencari teman yang juga memiliki ketertarikan untuk belajar bahasa Inggris. Di sini Anda akan mendapatkan rekan untuk saling membantu dalam memahami dan mempelajari bahasa Inggris serta bisa saling mengingatkan apabila ada arti kata, grammar, atau pengucapan yang salah saat dalam percakapan. Belajar bersama adalah suatu hal yang menyenangkan dan akan membuat kita lebih bersemangat.
6. Dalam setiap kegiatan gunakanlah bahasa Inggris
Cobalah untuk menulis segala kegiatan dalam buku harian dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih nyaman karena bisa menuliskan kalimat bahasa Inggris yang dalam aturan yang lebih sederhana sesuai dengan keinginan dan pemahaman Anda. Dan tentu juga bisa mengapgrade kemampuan Anda sesuai level pemahaman Anda.
7. Internet
Gunakanlah fasilitas yang ada di internet sebagai rekan terbaik Anda. Di dunia internet banyak sekali referensi yang bisa menjadi sumber pengetahuan bahasa inggris seperti bahan bacaan berbahasa inggris, rekaman suara, dan buku e-book bahasa Inggris yang bisa membantu Anda mengenali kata, arti sekaligus pengucapannya. Cari materi dengan menggunakan fasilitas pencarian seperti Google.com.
Itulah 7 Tips dan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula yang bisa Anda lakukan atau praktekkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa internasional ini

0 komentar:

Posting Komentar